Information Technology Project Management

Posted by: Tu_Adit / Category:

Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang dilakukan untuk membuat suatu produk, jasa atau hasil tertentu. Ciri – ciri sebuah proyek adalah: memiliki tujuan tertentu, bersifat sementara, yaitu memiliki masa awal dan akhir, dikembngkan dengan ketelitian tinggi, membutuhkan sumber daya dari berbagai bidang, memiliki kastamer dan sponsor dan terdapat ketidakpastian.
Setiap proyek terdapat suatu batasan. Batasan yang umum diacu dalam manajemen proyek dikenal dengan Triple Constraint yang harus diperhatikan yaitu:
· Scope: pekerjaan apa yang harus diselesaikan sebagai bagian dari sebuah proyek. Produk, jasa atau hasil apa yang diharapkan oleh kastamer atau sponsor dari proyek tersebut.
· Time : seberapa lama proyek harus diselesaikan dan bagaimana penjadwalannya.
· Cost : seberapa besar biaya yang harus digunakan dalam suatu proyek dan berapa anggarannya.
Manajemen proyek adalah pengaplikasian seluruh pengetahuan skill, tools, dan teknik dalam suatu aktivitas dalam proyek untuk mencapai kriteria proyek yang telah ditetapkan.
Stake holder adalah semua orang yang terlibat atau dipengaruhi oleh aktivitas proyek termasuk didalamnya adalah sponsor proyek, tim dalam proyek, staf pendukung, kastamer, pengguna, suplier, dan bahkan pesaing atau pihak yang melawan adanya proyek. Masing – masing stake holder memiliki ekspektasi yang berbeda – beda.
Bidang pengatehuan manajemen proyek adalah kompetensi kunci yang harus dikembangkan oleh seorang manajer proyek. Ada sembilan bidang pengetahuan manajemen proyek. Empat inti bidang pengetahuan diantaranya adalah manajemen scope, time, cost dan quality. Sedangkan empat bidang pengetahuan pendukung diantaranya adalah manjemen human resource, communication, risk dan procurement. Dan satu bidang pengetahuan yang penting adalah project integration management.
Teknik dan tools dalam manajemen proyek memberikan bantuan pada manajer proyek dan timnya untuk menyelesaikan pekerjaan proyek dalam sembilan bidang pengetahuan. Beberapa tools adalah gantt charts, project network diagram dan critical path analysis.
Kesuksesan dalam manajemen proyek sangat besar dipengaruhi oleh pengalaman seorang manajer proyek. Faktor penentu kesuksesan manajemen proyek yang paling penting adalah dukungan dari eksekutif, keterlibatan pengguna, manajer proyek, tujuan bisnis yang jelas, scope yang dipersempit, dukungan infrastruktur dan software, formal metodologi dan estimasi yang handal.


0 komentar: